• pmd.jpg

Lomba Desa / Kelurahan Tahun 2012

Desa Tasiwalie dan Kelurahan Macorawalie Mewakili Kabupaten Pinrang Dalam Lomba Desa Tingkat Provinsi

Desa Tasiwalie Kecamatan Suppa dan Kelurahan Macorawalie Kecamatan Watang Sawitto, berhak mewakili Kabupaten Pinrang dalam Lomba desa/kelurahan tingkat Provinsi Sulawesi Selatan. Penilaian ini dilaksanakan pada hari selasa, 24 April 2012.

Ketua Tim Penilai lomba Desa / Kelurahan Drs. A. Mangunsidar Masarapi, M.Si dan rombongan disambut Wakil Bupati Pinrang, Drs. A. Kaharuddin M, Para SKPD, Tokoh masyarakat, Ketua Tim Penggerak PKK Kab. Pinrang Hj. A. Dewiyani Aslam. Penilaian lomba Desa Tingkat Provinsi yang dilaksanakan di Desa Tasiwalie Kecamatan Suppa dan Kelurahan Macorawalie Kecamatan Watang Sawitto berdasarkan Keputusan Bupati Pinrang nomor 140/179/2012 yang menetapkan Desa Tasiwalie dan Kelurahan Macorawalie sebagai Desa / Kelurahan yang mewakili Kabupaten Pinrang dalam lomba Desa / Kelurahan Tahun 2012.

Kepala Desa Tasiwalie,Andi Nurdin Oemar menyampaikan, bahwa penunjukan ini sesuai realita dan fakta di lapangan, dimana dukungan dan peran serta dari seluruh masyarakat tanpa terkecuali, sangat mendukung keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan dan kegiatan kemasyarakatan. Hal ini dapat dibuktikan dengan tingginya semangat gotong royong serta tingginya kesadaran masyarakat untuk mempersiapkan diri mengikuti lomba desa.

Ketua Rombongan Tim Penilai yang dipimpin langsung Kepala BPMPDK Provinsi Sulawesi Selatan Drs. A. Mangunsidar Masarapi, M.Si melakukan penilaian pertama di Desa Tasiwalie. Saat memberikan sambutan mengatakan penilaian lomba desa/kelurahan itu dilakukan secara berjenjang mulai dari tingkat Kecamatan, Kabupaten, Provinsi sampai ke tingkat nasional dengan menggunakan indicator yang sama. Selanjutnya dipaparkan bahwa jika ingin melihat kinerja SKPD maka Desa/Kelurahan adalah pertama yang menjadi tolak ukur. Karena semua program baik Tingkat Kabupaten, Provinsi bahkan pusat, muara programnya ada di Desa / Kelurahan. Selanjutnya beliu mengatakan bahwa agenda terpenting dari penyelenggaraan lomba Desa / Kelurahan adalah meengukur capaian tingkat partisipasi masyarakat dalam wujud swadaya gotong royong yang terimplementasi dalam kegiatan yang dilaksanakan oleh lembaga-lembaga kemasyarakatan di Desa/Kelurahan, sehingga pada akhirnya akan ditemukan penilaian menyeluruh diatas implementasi proses pemberdayaan masyarakat yang telah diupayakan bersama-sama antara pemerintah dan masyarakat.

 

Wakil Bupati Pinrang , Drs. A. Kaharuddin Mahmud dalam sambutannya menyampaikan, Desa Tasiwalie merupakan salah satu desa yang masuk kawasan minapolitan yang merupakan salah satu program unggulan Pemerintah Kabupaten Pinrang. Menurut Kepala BPM-PD Kabupaten Pinrang Drs. H. Alimin, M.Si bahwa tujuan utama dari lomba desa/kelurahan adalah untuk meningkatkan tingkat kesejahteraan masyarakat dan memberdayakan masyarakat serta mengevaluasi hasil-hasil pelaksanaan pemerintahan, pembangunan dan pembinaan kemasyarakatan dalam waktu dua tahun terakhir, itulah hakekat pelaksanaan lomba desa/kelurahan sesuai Permendagri Nomor 13 Tahun 2007 Tentang Pedoman Penyelenggaraan Lomba Desa/Kelurahan.

Kasubid Kelembagaan dan Partisipasi Masyarakat BPMPD Kabupaten Pinrang Nahrun Katta, SE mengatakan indicator penilaian perlombaan Desa / Kelurahan tingkat Kecamatan, Kabupaten / Kota dan Provinsi meliputi pendidikan, kesehatan masyarakat, ekonomi masyarakat, keamanan dan ketertiban, partisipasi masyarakat, pemerintahan, lembaga kemasyarakatan & pemberdayaan kesejahteraan keluarga.

Gallery

  • dsc00997.jpg
  • dsc00998.jpg
  • dsc01005.jpg
  • DSC_0679.JPG
  • DSC_0706.jpg
  • DSC_0739.jpg
  • DSC_0871.JPG
  • DSC_0901.JPG
  • FOTO FAJAR 01.JPG (18).JPG
  • Panen Jagung 16 Des 018.jpg

Alternative flash content

Requirements